Tips Membuat Anak Tetap Semangat Belajar Saat Pandemi Covid-19

Tips Membuat Anak Tetap Semangat Belajar Saat Pandemi Covid-19

Dukungan orangtua terhadap semangat belajar anak sangatlah penting. Terlebih pada saat ini dunia sedang dilanda pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah terpaksa harus dihentikan sementara untuk memutus mata rantai peyebaran virus corona. Hal ini tentunya sangat memberikan dampak yang sangat buruk sekali dalam dunia pendidikan karena para siswa hanya dapat menjalankan kegiatan belajar mengajar di rumah melalui sistem daring.

Sistem daring merupakan sebuah sistem belajar mengajar yang dibuat oleh pemerintah dengan menggunakan bantuan koneksi internet dan diadakan di rumah siswa masing-masing. Jadi para siswa tidak harus pergi ke sekolah untuk belajar. Hanya dari rumah saja sudah bisa belajar melalui sistem daring yang sudah diberlakukan sejak jauh-jauh hari sebelumnya. Sistem daring yang ada ternyata sangat terlihat tidak efektif.

Terlebih pada anak-anak yang masih menempuh pendidikan di jenjang pendidikan tingkat dasar. Kegiatan belajar mengajar dengan sistem daring akan terasa sangat membosankan. Kalau sudah begini, orangtua harus dapat bertindak tegas untuk membuat anak tetap semangat dalam belajar. Untuk itu, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu Anda semua para orangtua untuk membuat anak tetap semangat belajar saat pandemi Covid-19.

1. Memberikan Kesan yang Menyenangkan Pada Anak Saat Belajar

Tips pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan kesan yang menyenangkan pada anak saat belajar. Karena kegiatan belajar mengajar menggunakan sistem daring dengan menggunakan smartphone dan juga koneksi internet, Anda harus tetap mengawasi anak pada saat belajar. Hal ini dilakukan agar anak tetap fokus pada pelajaran yang sedang dipelajari.

Jika anak sudah terlihat bosan, Anda mungkin bisa memberikan kesan yang menyenangkan untuk membuat anak menjadi lebih semangat lagi dalam belajar. Misalnya saja dengan memberikan kesempatan untuk bermain game kepada anak. Hal ini dilakukan untuk membuat pikiran anak menjadi lebih fresh. Karena jika anak terus-terusan belajar, tentu akan membuat anak menjadi cepat jenuh.

Oleh karenanya Anda harus memberikan kesan yang menyenangkan agar anak tetap semangat saat belajar dengan memberikannya kesempatan untuk bermain game yang disukai. Namun ingat, Anda juga tidak boleh terlalu lama membiarkan anak bermain game. Berikanlah waktu yang cukup dan tidak terlalu berlebihan. Karena jika anak sudah kecanduan bermain game, maka anak tidak akan mau lagi untuk belajar.

2. Menggunakan Media Belajar Interaktif

Tips selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan media belajar interaktif. Anda mungkin bisa mengajak anak untuk belajar dengan mengamati video pembelajaran yang ada di internet. Karena biasanya, anak akan semakin semangat untuk belajar jika materi pembelajarannya berupa video. Berikanlah video pembelajaran yang sesuai dengan anak agar media pembelajaran bisa menjadi interaktif. Dijamin deh anak Anda akan tetap semangat belajar saat di rumah.

3. Mengatur Waktu Belajar

Anda juga harus mengatur waktu belajarnya, tidak boleh terlalu cepat dan tidak boleh terlalu lama. Misalnya 2 jam dalam sehari saja sudah cukup. Hal ini dilakukan agar anak tetap dapat menjaga konsentrasinya untuk belajar pada hari-hari berikutnya. Dengan mengatur waktu belajar, anak tidak akan merasa bosan ketika belajar dan tetap semangat karena waktu belajar yang diberikan sangat cukup bagi anak.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat anak tetap semangat belajar saat pandemi Covid-19. Meskipun dunia sedang dilanda pandemi yang sangat dahsyat, Anda juga harus tetap mengontrol anak ya agar tetap bisa belajar dengan efektif di rumah. Disamping itu, Anda juga harus memberikan dorongan semangat belajar kepada anak.(laskarremajabgrj)

Tips Membuat Anak Tetap Semangat Belajar Saat Pandemi Covid-19 Tips Membuat Anak Tetap Semangat Belajar Saat Pandemi Covid-19 Reviewed by Indoforttech on 05:15 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.