PERAN PEMUDA DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI

Pemuda adalah penerus bangsa yang merupakan aset yang tak ternilai harganya, Tidak dapat dipungkiri bahwa pemuda memiliki peranan sejarah yang penting dan berkelanjutan dalam perjalanan kehidupan berbangsa, dari tangan - tangan pemudalah Negara ini memproklamasikan kemerdekaan. Sebegitu hebatnya para Pemuda sehingga Proklamator kita mengibaratkan degan ucapan :
"Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia"
Ir. Soekarno menaruh harapan pada pemuda dengan penuh optimis dan keyakinan yang tinggi hanya dengan 10 pemuda beliau bisa mengguncangkan dunia.
Tapi fakta yang terjadi di Pemuda sekarang tidak sesuai dengan apa yang di idam-idamkan, perilaku pemuda mulai banyak mengarah ke hal - hal negatif mulai dari pergaulan bebas, penyalahgunaan narkotika sampai dengan tindakan pidana, sudah jarang kita jumpai gerakan - gerakan pemuda yang penuh inovatif dan kreatifitas positif untuk mencapai cita-cita kemerdekaan. Hal ini tak lepas dari pengaruh teknologi informasi yang mudah dan bebas di akses.
Seharusnya para pemuda bisa mengambil inisiatif sebagai filter informasi sehingga bisa memilah - milah informasi sehingga bisa membawa pengaruh positif untuk dirinya sendiri dan masyarakat sekitarnya. Proteksi diri di mulai dari diri sendiri sehingga tak terjerumus ke pengaruh - pengaruh negatif teknologi informasi. Pemuda seharusnya juga bisa mengambil peran-peran inisiatif untuk pengenalan pemanfaatan teknologi informasi ke masyarakat yang belum mengenal teknologi dengan tujuan agar dengan memanfaatkan teknologi informasi dapat meningkatkan taraf kesejahteraan dan peningkatan sumber daya manusia.
Sehingga istilah pemuda sebagai harapan bangsa tak hanya sebagai slogan saja.




PERAN PEMUDA DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI PERAN PEMUDA DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI Reviewed by laskar remaja on 19:18 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.